10 Istilah Dalam Dunia Digital Marketing

Yo - Blog

10 Istilah Dalam Dunia Digital Marketing

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
0 Istilah yang Sering Digunakan di Dunia Digital Marketing

DIGITAL MARKETING

Dunia digital marketing memiliki banyak istilah yang sering digunakan. Memahami istilah-istilah ini sangat penting bagi bisnis yang ingin sukses dalam memasarkan produk atau jasa secara digital. Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 istilah yang sering digunakan dalam dunia digital marketing.

DEFINIS DIGITAL MARKETING

Digital marketing adalah upaya pemasaran yang menggunakan platform digital untuk mempromosikan produk atau jasa. Sejarah digital marketing bermula pada tahun 1990-an, ketika internet mulai digunakan secara luas. Fungsi utama dari digital marketing adalah untuk meningkatkan brand awareness dan menjangkau target audience lebih luas. Komponen utama dari digital marketing adalah website, e-commerce, landing page, dan iklan online.

10 Istilah yang Sering Digunakan di Dunia Digital Marketing

SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah proses optimasi website untuk membuat website lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google. Tujuannya adalah untuk meningkatkan ranking website pada hasil pencarian dan meningkatkan organic traffic.

Ilustrasi representasi dari optimasi mesin pencari (SEO)

Ilustrasi representasi dari optimasi mesin pencari (SEO) (source image: iStock)

SEM (Search Engine Marketing)

SEM adalah upaya pemasaran dengan membayar mesin pencari seperti Google untuk menampilkan iklan pada hasil pencarian. Tujuannya adalah untuk meningkatkan visibilitas website dan menarik traffic ke website.

Social Media Marketing

Social media marketing adalah upaya pemasaran melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Tujuannya adalah untuk meningkatkan brand awareness dan engagement dengan target audience.

Email Marketing

Email marketing adalah upaya pemasaran melalui email. Tujuannya adalah untuk mempromosikan produk atau jasa dan membangun relationship dengan pelanggan

Content Marketing

Content marketing adalah upaya pemasaran dengan membuat dan berbagi konten yang berkualitas dan relevan dengan target audience. Tujuannya adalah untuk membangun brand awareness dan menarik traffic ke website.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah program afiliasi dimana afiliasi dibayar komisi untuk menjual produk atau jasa dari merchant. Tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa dan memperluas jangkauan pemasaran.

Influencer Marketing

Influencer marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan orang yang memiliki pengaruh besar dalam komunitas online sebagai alat untuk mempromosikan produk atau jasa. Influencer bisa berasal dari media sosial, blog, atau platform lain. Tujuannya adalah untuk membangun brand awareness dan memengaruhi perilaku belanja pelanggan.

E-commerce

E-commerce adalah cara untuk berjualan produk atau jasa secara online. Tujuannya adalah untuk mempermudah akses bagi pelanggan untuk membeli produk atau jasa.

Mobile Marketing

Mobile marketing adalah cara untuk mempromosikan produk atau jasa melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Tujuannya adalah untuk memanfaatkan trend penggunaan perangkat mobile yang semakin meningkat dan memperluas jangkauan pasar.

Video Marketing

Video marketing adalah cara untuk mempromosikan produk atau jasa melalui video. Tujuannya adalah untuk membangun brand awareness dan memengaruhi perilaku belanja pelanggan. Video memiliki keunggulan dalam menyampaikan informasi secara visual dan menghibur, sehingga memiliki tingkat engagement yang lebih tinggi dibandingkan jenis konten lain.

Contoh Aplikasi Digital Marketing

1.  Website

Website adalah platform utama dari digital marketing. Website bisa digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa, membangun brand awareness, dan menjangkau target audience.

 

2. E-commerce

E-commerce adalah platform jual beli online. E-commerce bisa digunakan untuk menjual produk atau jasa secara online dan mempermudah transaksi bagi pelanggan.

 

3. Landing Page

Landing page adalah halaman yang ditujukan untuk mengarahkan traffic dari iklan atau promosi tertentu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan tingkat konversi dan mempermudah pengalaman pelanggan dalam mengakses informasi produk atau jasa.

 

4. Iklan Online

Iklan online adalah iklan yang ditampilkan di internet, seperti Google Adwords, Facebook Ads, dan Instagram Ads. Tujuannya adalah untuk meningkatkan visibilitas dan menarik traffic ke website.

KESIMPULAN

Memahami istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia digital marketing sangat penting bagi bisnis yang ingin sukses dalam memasarkan produk atau jasa secara digital. Dalam artikel ini, kami membahas 10 istilah yang sering digunakan, seperti SEO, SEM, social media marketing, e-commerce, content marketing, email marketing, affiliate marketing, influencer marketing, mobile marketing, dan video marketing. Dengan memahami istilah-istilah ini, bisnis akan lebih mudah menentukan strategi digital marketing yang tepat dan memperoleh hasil yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

YoiKut.com

peluang Usaha di Era digital.

internet marketing freelance

PROMO

Halaman Promo

BLOG

Kumpulan Artikel, Info, dan Tips & Trick

BONUS

Halaman Bonus Affiliate